Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Adapun tema peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 Tahun 2020 adalah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan tema HKN tahun ini merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang produktif dan aman dari COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Pada perayaan HKN tahun ini, pemerintah juga mengambil subtema yang masih berhubungan dengan pandemi COVID-19, yaitu “Jaga Diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi COVID-19”

“Melalui Subtema ‘Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19’. Menteri Kesehatan mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan COVID-19.

Logo Hari Kesehatan Nasional warna yang dominan digunakan adalah biru dan hijau.

Secara visual, logo HKN tahun ini berbentuk angka 56 sebagai bentuk peringatan 56 Tahun Hari Kesehatan Nasional tahun 2020.

Arti logo Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun 2020 menggambarkan kebersamaan, saling bergenggaman, ini mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen turut berperan serta dalam upaya kesehatan.

Lalu, garis hitam menggambarkan kebersamaan, saling bergenggaman untuk kesehatan yang akan pulih.

Sedangkan tiga lingkaran mengingatkan pada 3 kampanye nasional yaitu,

1. Ayo pakai masker

2. Ayo menjaga jarak, hindari kerumunan

3. Ayo rajin cuci tangan pakai sabun

Sementara untuk arti warna dari logo HKN ke 56 tahun 2020 adalah Warna hijau berarti menenangkan, kelembutan, sehat.

Warna biru berarti rasa aman, percaya diri, ketenangan fisik dan mental

Warna oranye berarti energi emosional, kreatifitas, kehangatan, pulih.

Warna ungu berarti kebijaksanaan, visioner, kuat, unik, gender.

Warna coklat berarti pertumbuhan, pemulihan, tetap membumi.